Senin, 13 Mei 2013

Kesehatan (Perut kembung)

Posted by Muh Zulfajrin On 02.10 0 komentar

Mengatasi Perut Kembung


    Berikut adalah penjelasan mengenai peryt embung dan cara untuk mengatasinya :

    Perut kembung bukanlah sebuah penyakit, namun ini adalah sebuah indikasi dari kondisi medis yang terkait dengan pencernaan. Saat ini dengan banyak diproduksi makanan instan, makanan cepat saji atau junk-food, karena gaya hidup manusia yang sibuk sehingga tak jarang makanan jenis ini menjadi pilihan untuk memberikan asupan energi yang pada gilirannya justru merupakan faktor penyebab munculnya gangguan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, tukak lambung, infeksi usus buntu, diare, kolik serta gangguan pencernaan lainnya. Gangguan pencernaan juga bisa disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur.
Perut kembung adalah ketika perut terasa penuh dan kencang, bahkan ketika tidak makan. Ini sering terjadi pada usus kecil daripada di lambung, seperti yang banyak orang percayai. Dan penyebab paling umum adalah pencernaan yang tidak teratur dalam memproduksi gas pada tingkat yang lebih tinggi dari biasanya. Beberapa penyebab perut kembung adalah; makan terlalu cepat, menelan udara, makan makanan terlalu cepat, intoleransi laktosa atau intoleransi jenis makanan tertentu.
Wanita umumnya menderita perut kembung yang dikenal sebagai kembung pra-Menustral. Hal ini biasanya terjadi selama siklus pra-Menustral dimana kaki dan tangan terkadang mengalami pembengkakan.
Dalam bahasa medis, perut kembung didefinisikan sebagai gas yang berlebihan dalam perut. Untuk mengidentifikasi adalah dengan pedoman berikut:
Frekuensi sendawa yang sering
Nyeri perut bagian atas
Perut kembung
Merasa sangat tidak nyaman dengan pakaian ketat
Sering buang gas
Rasa muala dan ingin muntah
Identifikasi faktor penyebab adalah elemen kunci untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan memberikan obat yang sesuai. Seperti dibahas di atas, makanan instan, makanan cepat saji atau junk food lainnya mengandung bahan kimia tambahan yang dalam jumlah kecil namun cukup berbahaya, yang selama periode waktu tertentu zat kimia ini terkumpul di dalam tubuh dan menjadi faktor penyebab munculnya perut kembung.
Untuk mencegah perut kembung adalah dengan:
Menjaga pola makan yang benar
Usahakan untuk menjaga waktu makan agar tidak berdekatan sehingga makanan dapat dicerna lambung secara sempurna. Pada waktu makanan usahakan dikunyah dengan benar sehingga dapat membantu pencernaan di lambung. konsumsi makanan yang kaya serat, perhatikan komposisi lemak, protein dan karbohidrat secara berimbang. Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu produksi gas lambung yang berlebihan seperti umbi-umbian, durian, nangka dan minuman bersoda atau beralkohol. Jangan makan terlalu banyak yang menimbulkan kekenyangan sehingga makanan tidak dapat dicerna sempurna. Hindari minuman yang terlalu panas atau dingin karena dapat mengiritasi lapisan pada lambung.
Menerapkan Pola hidup sehat
Usahakan untuk berolahraga ringan kurang lebih 1 jam sehari, kurangi rokok. Jangan tidur atau berbaring sehabis makan, konsumsi air putih kurang lebih 2 liter sehari.

Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar